SURVEI INTERNAL DAN EKSTERNAL DI LINGKUNGAN SATKER MAKODAM IV/DIPONEGORO
SURVEI INTERNAL DAN EKSTERNAL DI LINGKUNGAN SATKER MAKODAM IV/DIPONEGORO DALAM RANGKA PEMBANGUNAN WILAYAH TERTIB REFORMASI BIROKRASI (WTRB) TAHUN 2024
Reformasi Birokrasi merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif, dan efisien sehingga dapat melayani publik secara cepat, tepat, dan profesional. Program reformasi birokrasi yang kongret dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh publik. Perwujudan reformasi birokrasi salah satunya adalah pembangunan Wilayah Tertib Reformasi Birokrasi (WTRB).
Guna mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan Satker Makodam IV/Diponegoro, maka perlu diselenggarakan survei tentang penilaian pengguna layanan publik terhadap pelayanan yang diberikan. Berpedoman pada Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Kep/1088/XII/2022 tanggal 6 Desember 2022 tentang Survei internal dan eksternal di lingkungan TNI AD, telah dilaksanakan survei kepuasan publik Semester I Tahun 2024 pada tanggal 7 s.d. 8 Mei 2024 dengan responden jajaran Satker Makodam IV/Diponegoro. Hasil survei kepuasan publik yang didapat, merangkum data dan informasi tentang tingkat kepuasan publik, dengan metode pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat publik, maka akan didapatkan kualitas data yang akurat dan komprehensif.
Hasil survei ini akan digunakan sebagai bahan evaluasi dan bahan masukan bagi penyelenggara layanan publik untuk terus menerus melakukan perbaikan sehingga kualitas pelayanan prima dapat segera dicapai. Dengan tercapainya pelayanan prima maka harapan dan tuntutan publik dapat terpenuhi.
Dari hasil survei yang telah dilaksanakan pada semester I ini, Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) menunjukan nilai indeks sebesar 80,72 dengan nilai interval 4,03, sedangkan pada Indeks Persepsi Kualitas Pelayanan (IPKP) menunjukan nilai indeks 81,07 dengan nilai interval 4,053. Dengan demikian Satker Makodam IV/Diponegoro masuk kedalam kategori A (Sangat Baik) dalam memberikan pelayanan.
Komentar
Posting Komentar